Keluarga Keraton Sumedang Larang Rayakan Haul Kubro Kramat Batok Ke 386

Komunitas154 views

 

Cabangbungin||BekasiHatiIni.com

Lestarikan tradisi leluhur keluarga besar, trah Keraton Sumedang Larang melaksanakan haul Kubro yang ke 386 tahun Cagar Budaya Kramat Batok di Desa Jaya Bakti Kecamatan Cabang Bungin Kabupaten Bekasi, Minggu (14/08/2022) malam.

Iwan Setiawan yang akrab disapa Iwan Lentik selaku panitia yang juga cucu dari leluhur Kramat Batok mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk peringatan haul Kubro yang ke 386 tahun.

“Malam ini kami keluarga besar trah keraton sumedang larang, sengaja berkumpul untuk memperingati haul kubro yang ke 386 tahun leluhur kami,” ungkap Iwan

Adapun, sambung Iwan Lentik, bukan hanya itu, tujuan dari acara ini salah satunya selain bentuk silaturahmi juga menjadikan budaya sebagai syiar agama. “visi misi kami yaitu, kita jadikan budaya sebagai syiar agama islam dan menyatukan persaudaraan sebagai kearifan yang bermartabat,” ucapnya

Lanjut Iwan Lentik, dengan di adakanya perayaan di bulan muharam yang dilaksanakan tanggal 15 Agustus 2022 yang bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Bekasi agar pelestarian budaya kearifan lokal yang mandiri.

“Harapan kami selaku generasi penerus dan keturunan menyapaikan kepada masyarakat sekitar, bahwa betapa penting melestarikan budaya yang berangkat dari leluhur kami dari keraton sumedang larang untuk melakukan syiar Agama Islam,” terang dia.

Untuk itu dirinya berpesan, agar acara ini tetap dijaga dan agar di berikan pengetahuan ke setiap generasi pelurus kelak, bahwa betapa pentingnya menghormati dan menghargai peninggalan leluhur

“Ini sengaja kami peringati pada tanggal 15 Agustus untuk menyesuaikan hari jadi Kabupaten Bekasi yang ke 72, Hari Pramuka ke 61 dan menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77,” tandasnya.(SS/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *