Balitbang Kemenkominfo Jalin Kerjasama dengan Pemkab Bekasi untuk Pengembangan SDM Digital

Pemerintahan129 views

CIKARANG UTARA – BEKASIHARIINI.COM – Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia, menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi bertujuan untuk membangun SDM digital Indonesia dengan program pelatihan pada bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Kerjasama tersebut dituangkan dalam bentuk komitmen bersama dengan penandatanganan oleh Kepala Badan Litbang Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo Hary Budiarto, dengan Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi, pada Jum’at pekan lalu.

Kepala Badan Litbang Sumber Daya Manusia Kementerian Kominfo Hary Budiarto mengatakan, pihaknya melalui Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) Kota Jababeka Cikarang. akan menyelenggarakan program pelatihan bidang TIK dengan Digital Talent Scholarship (DTS), untuk meningkatkan SDM yang berkompetensi dan memiliki sertifikasi dari (BPPTIK).

“Kami melakukan pengembangan pelatihan sumber daya manusia digital untuk seluruh wilayah di Indonesia, pada tahun 2021 telah menggelar pelatihan untuk wilayah Sumatera Utara, Jawa dan Sulawesi Selatan” ujarnya.

Dirinya menyampaikan di tahun 2022 ini pihaknya menargetkan sebanyak 200 ribu peserta pelatihan pada program Digital Talent Scholarship (DTS) melalui (BPPTIK) Cikarang Kabupaten Bekasi, dengan 19 tema pelatihan dari berbagai segmentasi tema-tema yang diberikan untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) dan masyarakat umum.

“Tahun ini kami membuka pelatihan untuk ASN dan masyarakat umum yang meliputi pelajar lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), pelaku usaha UMKM dan masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus, dengan tema pelatihan electronic office (e-Office), content creator, digital entrepreneurship, cyber securiy, digital marketing dan lainnya” ujarnya.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Dedy Supriyadi mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik kerjasama dengan Kementerian Kominfo RI untuk pengembangan sumber daya manusia, melalui Balai Pelatihan dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPTIK) berada di Cikarang Kabupaten Bekasi.

“Kami pemerintah daerah mengapresiasi Kemenkominfo RI atas terjalinnya kerjasama tersebut, sehingga dalam pelaksanaannya nantinya bisa lebih optimal dalam penggunaan dan pemanfaatan gedung yang dimiliki maupun fasilitas sarana dan prasarana BPPTIK,” ujarnya.

Dedy Supriyadi menambahkan program pelatihan dan sertifikasi kompetensi TIK oleh BPPTIK memberi kesempatan bagi Aparatur Sipil Negara di lingkungan pemerintah Kabupaten Bekasi maupun masyarakat umum, untuk meningkatkan kualitas kompetensi SDM dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi.

“Sangat luar biasa perhatian dari pemerintah pusat melalui Kemenkominfo RI untuk pemerintah daerah Kabupaten Bekasi, dan Keberadaan BPPTIK memberikan nilai positif baik untuk ASN dan masyarakat agar bisa lebih melek digital terkait teknologi informasi dan komunikasi kesempatan ini harus dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya” ujar Sekda Kabupaten Bekasi. (Rls.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *