Komitmen Capai Zero Accident, PLN UP3 Karawang Gelar Apel Inspection Day Bulan K3 Nasional Tahun 2024

Bisnis22 views

KARAWANG | BEKASIHARIINI.COM | PT PLN (Persero) UP3 Karawang bersama seluruh Unit PLN se-Jawa, Madura, Bali (JAMALI) menggelar Apel Inspection Day Serentak dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024 dengan tema “Berbudaya K3 untuk Mewujudkan Aktivitas Ketenagalistrikan yang Aman, Sehat, Selamat dan Berkelanjutan”, pada hari Jumat (02/2/2024).

Kegiatan apel yang dilaksanakan di halaman Kantor PLN UP3 Karawang ini diikuti oleh pegawai PLN dan mitra kerja PLN dari seluruh unit yang ada di wilayah kerja PLN UP3 Karawang. Selain kegiatan Apel Inspection Day, dilaksanakan juga penandatangan Komitmen bersama antara Manajemen PLN Karawang dengan seluruh Mitra Kerja di lingkungan PLN UP3 Karawang.

Imam Ahmadi selaku Manager PLN UP3 Karawang mengatakan bahwa Apel Inspection Day Bulan K3 Nasional ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya budaya K3 dalam melaksanakan pekerjaan di lapangan.

“Kami berkomitmen bahwa tidak ada yang lebih berharga dari jiwa manusia, untuk itu semua komponen wajib saling mengingatkan antar rekan dalam tim agar setiap pekerjaan memperhatikan aspek K3. Dan setiap pekerjaan dilakukan sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP)” ujarnya.

Kegiatan Bulan K3 Nasional Tahun 2024 ini merupakan momentum untuk terus meningkatkan kepatuhan atas keselamatan dan kesehatan kerja bagi para pegawai serta mitra kerja dalam upaya menerapkan prinsip zero accident di perusahaan.

Imam menambahkan bahwa disetiap Unit Layanan Pelanggan (ULP) yang ada di wilayah Kerja PLN UP3 Karawang dalam rangka mencapai zero accident maka setiap pagi dilakukan briefing bersama petugas sebelum melakukan pekerjaan dan dipimpin langsung oleh Manager ULP masing-masing.

Ia juga menegaskan bahwa PLN UP3 Karawang berkomitmen untuk mencapai Zero Accident atau Nol Kecelakaan Kerja di tahun 2024. “Kita sepakat, jika ada vendor yang tidak sesuai Standard Operating Procedure (SOP), akan ada Stop Work Authority (SWA). Siapapun di lapangan yang tidak Safety, pekerjaannya akan dihentikan atau tidak dilanjutkan,” tegasnya.

Imam juga menyebutkan bahwa kegiatan apel yang dilaksanakan hari ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan bulan K3 nasional. Selain apel, kegiatan edukasi untuk pelanggan dan petugas pelayanan teknik juga dilakukan seperti cerdas cermat antar ULP. “Kami berharap dengan kegiatan ini, kami bisa meningkatkan kinerja dan pelayanan kami kepada masyarakat dan sekaligus menjaga keselamatan dalam bekerja”, ujarnya.

Dilokasi lain Susiana Mutia General Manager PLN UID Jawa Barat mengapresiasi kegiatan PLN UP3 Karawang ini. Ia berharap dengan kegiatan ini kegiatan edukasi internal secara menyeluruh ini dapat semakin meningkatkan kepedulian terkait keselamatan kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *